Resep Simpel Klepon Ubi Ungu Nan Endess


Klepon adalah merupakan makanan tradisional indonesia yang banyak digemari masyarakat. Rasanya yang enak dan manis membuat makanan klepon cocok sekali jika dipadukan bersama dengan minuman teh hangat atau juga kopi panas.makanan yang berbahan dasar ketan ini sekarang sudah banyak sekali kreasi2 unik misal klepon isi mozarela,taburan keju,klepon isi daging cincang dan masih banyak lagi,ada beberapa manfaat dari ubi ungu itu sendiri seperti
  1. Menurunkan tekanan darah tinggiMenurut para peneliti, mengonsumsi ubi ungu efektif mengurangi tekanan darah serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke pada penderita hipertensi. Sayuran, buah-buahan, atau umbi-umbian berwarna ungu kaya akan antioksidan seperti antosianin, karotenoid, dan asam fenolik. Fungsi antioksidan tersebut ialah mengurangi peradangan kronis yang terkait dengan penyakit jantung dan stroke.Umbi ungu juga memiliki kadar asam klorogenik yang tinggi. Dalam percobaan yang dilakukan terhadap hewan, zat ini dinilai mampu mengurangi tekanan darah tinggi. Dan tahukah Anda jika ubi ungu lebih baik dimakan beserta dengan kulitnya? Cara ini dirasa paling baik untuk mendapatkan khasiat maksimal antioksidan dari ubi ungu. 
  2. Menjaga berat badanUbi ungu baik dikonsumsi oleh penderita obesitas. Dalam sebuah penelitian kecil terhadap pasien obesitas disimpulkan bahwa menambahkan dua porsi ubi ungu selama satu bulan dalam asupan makanan tidak akan membuat berat bedan naik. Sekaligus, tekanan darah mereka pun berkurang. 
  3. AntikankerUbi berwarna seperti ubi ungu memiliki jumlah komponen antikanker yang tinggi. Sekali lagi, ini berkat antosianin yang kerap kali dikaitkan dapat mengurangi risiko kanker. Peneliti juga menemukan jika sianidin dan peonidin (turunan dari antosianin) diduga mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Dan yang tak kalah penting, ubi ungu juga memiliki tingkat senyawa kimia fenol antipenuaan yang tinggi. Namun perlu diingat bahwa sifat antikanker tersebut hanya berlaku jika ubi ungu dalam keadaaan segar. Jika sudah disimpan selama beberapa bulan, sifat antikanker ubi ungu akan berkurang.
  4. Antiradang (antiinflamasi)Studi terhadap pria dewasa sehat menunjukkan jika mengonsumsi ubi ungu diduga mampu mengurangi risiko peradangan atau inflamasi dan kerusakan DNA.Berbagai manfaat ubi ungu seperti yang disebutkan di atas bisa Anda dapatkan dengan berbagai cara, salah satunya dengan dibuat penganan berikut:
Klepon Ubi Ungu 
Bahan-bahan    
  1. 100 gr tepung ketan putih
  2. 150 gr ubi ungu,kukus,haluskan
  3. sejumput garam
  4. 1 sdt gula pasir
  5. secukupnya air (sesuaikan)
  6. secukupnya gula merah,sisir halus (untuk isian)
  7. secukupnya kelapa parut,kukus dgn sedikit garam dan 1 lmbr pandan (untuk taburan)

Langkah         
  1. Campur rata ketan,ubi,garam dan gula
  2. Tambahkan air sedikit demi sedikit 
  3. Uleni sampai adonan bisa dipulung.
  4. Ambil secukupnya adonan,pipihkan,beri isian gula merah
  5. Lalu bulatkan. Lakukan sampai semua adonan habis.
  6. Didihkan air di panci
  7. Rebus klepon sampai mengapung,kira2 gula merah sudah meleleh
  8. Angkat dan tiriskan klepon
  9. tunggu sampai dingin
  10. Gulingkan klepon ke kelapa parut,selesai




   


DISCLAIMER: All wallpapers and backgrounds found here are believed to be in the "public domain". All of the images displayed are of unknown origin. We do not intend to infringe any legitimate intellectual right, artistic rights or copyright. If you are the rightful owner of any of the pictures/wallpapers posted here, and you do not want it to be displayed or if you require a suitable credit, then please contact us and we will immediately do whatever is needed either for the image to be removed or provide credit where it is due. All the content of this site are free of charge and therefore we do not gain any financial benefit from the display or downloads of any images/wallpaper.

0 Response to "Resep Simpel Klepon Ubi Ungu Nan Endess"

Post a Comment