Resep Gudeg Khas Jogja yang Enak Nan Legendaris

Gudeg Nangka Khas Jogja - Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan


Manfaat Buah Nangka
  1. 100 g nangka yang dikonsumsi akan menyediakan 95 kalori. Buah daging yang lembut dan mudah dicerna dengan kandungan gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Ketika buah nangka ini dimakan akan langsung mengisi ulang energi dan merevitalisasi tubuh dengan segera. Tapi jangan terlalu banyak dalam sekali makan, karena akan menimbulkan gas dalam perut.
  2. Nangka kaya akan manfaat serat makanan, yang membuatnya menjadi pencahar yang baik. Kandungan serat membantu melindungi selaput lendir usus dengan cara mengikat dan menghilangkan bahan kimia penyebab kanker usus besar.
  3. Buah nangka segar mengandung sejumlah kecil vitamin-A, dan pigmen flavonoid seperti karoten-b, xanthine, lutein dan cryptoxanthin-b. Senyawa ini secara bersama-sama memainkan peran penting sebagai antioksidan dan mengoptimalkan penglihatan. Vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga integritas membran lendir dan kulit. Manfaat buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A, dan karotenoid telah ditemukan untuk melindungi paru-paru dan kanker rongga mulut.
  4. Selain itu, nangka merupakan sumber antioksidan vitamin C yang menyediakan sekitar 13,7 mg atau 23% dari RDA. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C. dimana manfaat vitamin C ini membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan radikal bebas berbahaya. Vitamin C juga mampu menjadi antioksidan yang mampu melawan sel degenaritif yang memicu terjadinya gejala kanker seperti manfaat lemon dan manfaat apel.
  5. Buah langka yang kaya akan kelompok vitamin B-kompleks. Nangka berisi jumlah yang sangat baik dari vitamin B-6 (pyridoxine), niasin, riboflavin, dan asam folat.
  6. Buah nangka adalah sumber yang baik akan kandungan kalium, magnesium, mangan, dan besi. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh. Dimana, manfaat kalium dapat membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah, seperti yang terdapat pada manfaat pisang.

RESEP  MEMBUAT  GUDEG  NANGKA KHAS JOGJA
Bahan-bahan    
  1. 700 gram buah nangka
  2. secukupnya air untuk merebus
  3. 6 butir telur, rebus
  4. 2 cm lengkuas
  5. 4 lembar daun salam
  6. 600 ml santan
  7. 100-120 gram gula jawa warna gelap
  8. 7 siung bawang putih
  9. 9 buah bawang merah
  10. 3 sdt ketumbar bubuk
  11. 4 butir kemiri
  12. Secukupnya garam

Langkah              

  1. Kupas nangka,cuci bersih, potong2 
  2. Rebus sebentar untuk menghilangkan getahnya. 
  3. Buang airnya lalu masukkan semua bumbu halus dan bumbu lainnya masukkan santan juga. 
  4. Beri gula dan garam
  5. Setelah santan berkurang, masukkan telur
  6. Aduk2 sampai kering, saya kemarin kurang lebih 2 jam
  7. Sajikan bersama nasi dan pelengkap nasi gudeg yang lain, 
  8. Sambal goreng krecek dan opor ayam putih juga kerupuk udang.




   


DISCLAIMER: All wallpapers and backgrounds found here are believed to be in the "public domain". All of the images displayed are of unknown origin. We do not intend to infringe any legitimate intellectual right, artistic rights or copyright. If you are the rightful owner of any of the pictures/wallpapers posted here, and you do not want it to be displayed or if you require a suitable credit, then please contact us and we will immediately do whatever is needed either for the image to be removed or provide credit where it is due. All the content of this site are free of charge and therefore we do not gain any financial benefit from the display or downloads of any images/wallpaper.

0 Response to "Resep Gudeg Khas Jogja yang Enak Nan Legendaris"

Post a Comment